Senin, 19 Maret 2012

Games: Surat Rahasia

A. Tujuan Permainan
Berbagai tujuan permainan ini adalah sebagai berikut:
• Membuat suasana kelas lebih nyaman
• Melatih siswa untuk belajar berpikir
• Menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam diri siswa
• Menumbuhkan rasa berani mengambil resiko
• Mempermudah dalam memahami materi pelajaran yang telah dijelaskan

B. Durasi Permainan
Tidak terbatas

C. Sifat Permainan
Beberapa sifat permainan ini, yaitu:
• Kelompok, dan
• Setiap kelompok terdiri atas 4-5 orang

D. Bahan yang Harus Dipersiapkan
Beragam bahan yang harus dipersiapkan, yakni:
• Daftar pertanyaan
• Amplop
• Pulpen
• Kertas untuk mencatat

E. Aturan Permainan
Berbagai aturan permainan ini adalah sebagai berikut:
• Buatlah daftar pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
• Masukkan pertanyaan ke dalam setiap amplop, kemudian tuliskan poin pada masing-masing amplop tersebut
• Amplop yang berisi pertanyaan yang paling sulit memiliki poin yang paling tinggi.
• Bagikan para siswa menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok beranggotakan 4-5 siswa.
• Mintalah kepada setiap kelompk untuk memilih amplop. Jika suatu kelompok dapat menjawab dengan benar, berilah poin yang sesuai dengan yang tertera pada amplop tersebut.
• Apabila suatu kelompok menjawab keliru maka kelompok ini akan dikurangi poinnya sesuai dengan poin yang tertera pada amplop itu.
• Setiap kelompok boleh memilih amplop, baik yang memilik poin yrendah maupun tinggi.
• Pada akhir permainan, jumlahkan poin-poin yang dikumpulkan oleh setiap kelompok.
• Pemenang dalam permainan ini adalah kelompok yang memperoleh poin yang paling tinggi.
• Diskusikan pertanyaan dan jawaban yang dikemukakan oleh setiap kelompok.
• Berilah komentar yang sesuai dengan porsi kesalahan setiap kelompok.

F. Daftar Pertanyaan
1. Sebutkan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis berita!
2. Mengapa sebuah berita harus ditulis dengan seimbang oleh seorang penulis!
3. Jelaskan perbedaan antara wawancara terstruktur dan wawancara bebas!
4. Buatlah transkripsi wawancara dengan memilih salah satu teman kalian sebagai narasumber!
5. Jelaskan syarat-syarat penulisan berita!
6. Sebutkan langkah-langkah wawancara!
7. Sebutkan tips mnulis berita yang baik!
8. Sebutkan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis berita!
9. Sebutkan syarat kelengkapan berita!
10. Buatkah sebuah berita dengan mencantumkan syarat kelengkapan berita tersebut!
11. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur sebuah berita!
12. Sebutkan pengertian dari berita dan wawancara!

rpp bahasa indonesia berkarakter kebangsaan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NO. 2

A. Identitas
Satuan Pendidikan : SMA Kartika Siliwangi 2 Bandung
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45
Karakter kebangsaan : Jujur, Kreatif, Demokratis, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan

B. Standar Kompetensi
Berbicara, Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber (Rasa ingin tahu, mandiri, kerja keras)

C. Kompetensi Dasar
Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak atau elektronik (Rasa ingin tahu, mandiri, kerja keras)

D. Materi Pokok
• Contoh berita yang diserahkan oleh guru yang berjudul “Pengabdian Andy Siahaan pada Masyarakat”, serta berita-berita yang dibuat langsung oleh siswa.
• Unsur-unsur dan syarat-syarat berita.

E. Indikator
1. Kognitif
a. Produk
• Siswa mendata informasi dari artikel dengan mencantumkan sumbernya.
• Siswa merumuskan pokok-pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat.
b. Proses
• Siswa membaca artikel yang menarik baginya untuk diberikan kritik.
• Siswa menulis kritik disertai alasan yang logis.

2. Psikomotor
• Siswa memberikan kritik dengan disertai alasan di depan kelas.
• Siswa mengomentari dan menilai hasil kerja temannya.

3. Afektif
a. Karakter
• kerja sama
• jujur
• kreatif
• demokratis
b. Keterampilan sosial
• Bertanya dengan bahasa yang baik dan benar
• Menyumbangkan ide
• Menjadi pendengar yang baik
• Membantu teman sekelas yang mengalami kesulitan

F. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk
• Siswa mampu mendata informasi dari artikel dengan mencantumkan sumbernya.
• Siswa mampu merumuskan pokok-pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat.
b. Proses
• Siswa mampu membaca artikel yang menarik baginya untuk diberikan kritik.
• Siswa mampu menulis kritik disertai alasan yang logis.

2. Psikomotor
• Siswa mampu memberikan kritik dengan disertai alasan di depan kelas.
• Siswa mampu mengomentari dan menilai hasil kerja temannya.

3. Afektif
a. Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku, seperti: kerja sama, jujur, kreatif dan demokratis.
b. Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik, membantu teman sekelas yang mengalami kesulitan.

G. Model dan Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : Cooperative Learning
Metode pembelajaran : penugasan, diskusi, unjuk kerja, inkuiri

H. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan (15 menit)
• Guru mengecek kehadiran siswa. (Disiplin, Tanggung Jawab)
• Guru mengondisikan kelas sehingga kondusif. (Religius, Disiplin, Tanggung Jawab)
• Guru memeriksa kerapian dan kehadiran siswa. (Disiplin, Tanggung Jawab)
1. Apersepsi
• Guru menanyakan tentang materi yang telah dipelajari minggu lalu
• Guru membahas pekerjaan rumah yang diberikan minggu lalu.
• Guru memberitahu materi ajar yang akan diberikan.
2. Motivasi
• Guru memberikan ilustrasi model/kasus yang mengarah pada materi yang akan dibahas.
b. Pengembangan ( 60 menit)
1. Eksplorasi
• Guru menjelaskan mengenai unsur-unsur dan syarat-syarat berita.
• Guru memberikan contoh mengenai unsur-unsur dan syarat-syarat berita.
2. Elaborasi
• Guru memberikan games pertama kepada siswa. Games tersebut bertujuan untuk memberikan hukuman kepada siswa yang melakukan kesalahan.
• Siswa yang kalah dipersilahkan untuk membacakan berita yang telah dia bat dan menjawab unsur-unsur berita.
• Siswa yang lain memberikan komentar/kritik mengenai berita/informasi yang dibacakan siswa lain.
• Guru memberikan games kedua kepada siswa. Siswa yang tidak dapat menghitung berdasarkan peraturan mendapatkan hukuman.
• Siswa diberikan hukuman untuk mengkritik berita temannya yang ia bacakan di depan kelas.
• Guru memberikan pertanyaan kepada siswa lain.
3. Konfirmasi
• Siswa menyimpulkan kembali isi rekaman.
• Guru menyebutkan fase-fase pembelajaran dan memberikan ksempatan untuk bertanya,
• Guru menginformasikan materi ajar berikutnya.

c. Penutup (15 menit)
• Guru memotivasi siswa agar mampu dan berani mengkritik dan memberikan saran mengenai berita/informasi yang ia ketahui.
• Guru memberikan tugas mandiri tidak terstruktur untuk membuat berita mengenai tokoh panutannya dan berita akademis.
• Guru memberitahukan materi yang akan diajarkan pada pertemuan berikutnya.

I. Bahan
Artikel berita, LKS.

J. Alat
Papan Tulis, Spiker, Komputer dam Lembar Kerja

K. Sumber Pembelajaran
1. Lembar Kerja
2. LP1= Kognitif: Produk
3. LP2= Kognitif: Proses
4. LP3=3 Psikomotor
5. LP4= Afektif: Perilaku Berkarakter
6. LP5= Afektif: kterampilan Sosial

L. Penilaian
Jenis Tagihan:
• Tugas individu: LP3
• Kelompok : LP1, LP2, LP4 dan LP5
• Ulangan : Lembar Kerja

Bentuk Instrumen
• Uraian Bebas
• Lembar Pengamatan

Mengetahui, Bandung, Februari 2012
Guru Pamong, Guru PPL,



Dra. Ida Hermina Fitri Meylina Tobing
NIP. 195902031986032006 NIM 080367



LP1= Kognitif: Produk
1. Sebutkan informasi pokok dalam berita tersebut!
No Informasi pokok

2. Sebutkan unsur-unsur berita!
No Unsur-unsur berita
1. What?
2. Who?
3. When?
4. Why?
5. How?


LP 2 = Kognitif: Proses
Prosedur:
Tulislah kritik disertai alasan mengenai berita yang anda dengarkan!
FORMAT ASESMEN KINERJA PROSES
No. RincianTugasKinerja Skor maksimum

1 Menuliskan kritik dengan bahasa yang santun serta terkait dengan topik yang dibicarakan
(skor max 50)
2 Menuliskan alasan dengan bahasa yang santun, kejujuran pendapat serta penuh tanggung jawab
(skor max)50





LP 3 = Psikomotor
FORMAT ASESMEN KINERJA PSIKOMOTOR
No. Rincian Tugas Kinerja Skor maksimum

1 Memberikan kritik dengan bahasa yang santun dan terkai dengan topik artikel hasil diskusi kelompok
(skor max 50)
2 Mengomentari kritik yang disampaikan kelompok lain (skor max 30)
3 Menilai kritik yang disampaikan kelompok lain sesuai format penilaian yang telah disediakan guru (skor max 20)



LP 4 = Afektif: Perilaku Berkarakter
FORMAT PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER
No. Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A)
1 Kerja sama
2 Jujur
3 Bertanggung jawab
4 Apresiatif
5 Kemandirian










LP 5 = Afektif: Keterampilan Sosial
FORMAT PENGAMATAN KETERAMPILAN SOSIAL
No. Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A)
1 Bertanya dengan bahasa yang baik dan benar
2 Menyumbang ide
3 Menjadi pendengar yang baik
4 Membantu teman yang mengalami kesulitan



Games I

Petunjuk: Guru memberikan penjelasan kepada siswa agar siswa menangkap tangan kanan temannya sambil berusaha menghindari penangkapan tangan kanannya sendiri saat mendengar guru menyebutkan kata “apel”. Guru membacakan sebuah cerita.

Doni ingin sekali makan buah kesukaannya. Karena itu, ia pergi ke supermarket untuk membeli buah Apel kesukaannya itu. Sesampainnya ia di supermarket, Doni langsung menuju tempat buah. Doni berhenti di tempat buah. Ia melihat buah yang berwarna merah, lalu ia berjalan ke tempat buah tersebut. Ia mengambil buah merah tersebut lalu tersenyum sambil berkata “Sudah lama aku tidak makan buah Leci ini, tapi sayang aku bawa uang pas-pasan banget jadi hanya bisa beli buah Apel saja”.
Kemudian ia berjalan lagi untuk mencari buah Apelnya. Doni bertemu dengan seorang petugas yang sedang membawa buah berwarna merah kebiru-biruan. Lalu ia menghampiri petugas itu lalu berkata “Apakah itu buah Apel Pak?”, petugas itu menjawab “Bukan, ini buah Anggur Pak”. Doni terus berjalan mencari buah Apel kesukaannyaitu hingga ia berhenti di tempat buah. Ia melihat buah merah tersebut “Buah Ceri ini sangat menggoda, tapi aku mau buah Apel” serunya. Setelah mencari-cari akhirnya Doni mendapatkan buah Apel kesukaanya tersbut. “Ini dia buah Apel yang kucari”.

Games II

Petunjuk: Guru memberikan penjelasan agar siswa mulai berhitung. Namn urutan hitungnya kali ini berbeda dari sebelumnya. Sehingga guru harus menjelaskan dan menuliskan urutannya di papan tulis. Urutannya sebagai berikut: 1-1-2-1-2-3-1-2-3-4-1-2-3-4-5. Siswa yang salah urutan hitungnya dikenakan hukuman.